Jumat, 03 Juni 2011

PEMERIKSAAN TSS dan TDS

Dasar teori :
Zat padat tersuspensi ( TSS= Total Suspended Solid) merupakan residu yang tidak lolos saring, yaitu yang tertahan oleh saringan, sedangkan zat terlarut ( TDS = Total Dissolved Solid ) adalah residu yang dapat melewati saringan. Sifat – sifat kimia dan fisika dari material dalam suspensi, besarnya ukuran pori saringan, luas dan ketebalan saringan, dan jumlah serta keadaan fisik dari material yang terendap paadanya merupakan faktor penting yang mempengaruhi pemisahan zat padat tersuspensi dan zat padat terlarut.
Alat dan Bahan :
 Gelas kimia/Erlenmeyer
 Kertas saring
 Timbangan
 Oven
 Pinset
 Gelas ukur
 Corong
 Desikator
 Kompor/pemanas
 Pipet gondok

Cara Kerja :
1. Menyediakan Gelas kimia dan kertas saring yang dioven pada suhu 1050 selama 1 jam.Kemudian didesikator selama 15 menit , selanjutnya ditimbang dengan neraca analitik.
2. Mengambil air sampel sebanyak 100 ml, disaring dengan kertas saring ( yang telah diketahui beratnya= a gram), sedangkan filtratnya ( cairan yang lolos saring ) ditampung dalam Gelas kimia ( yang telah diketahui beratnya = b gram ).
3. Membilas kertas saring dengan aquadest sebanyak 5 ml, dioven dengan suhu 1050 selama 1 jam, selanjutnya didesikator selama kurang lebih 15 menit, lalu ditimbang dan dicari berat konstannya ( a’ gram ).
4. Filtrate yang di dalamnya terdapat filtrat dipanaskan di kompor pemanas sampai volumenya tinggal 5 ml.
5. Gelas kimia diven dengan suhu 1050 C sselama 1 jam, lalu didesikator dan ditimbang ( b’ gram ).


Hasil Pengamatan :

TSS = × ( a’ - a) gram × 103 = ….

× ( 0,3045 – 0,3017 )× 103 = 28

TDS = × ( b’ – b ) × 103 = ….

= × ( 72, 8345 – 72, 2508 )× 103 = 5837


Keterangan :
Berat gelas kimia pertama penimbangan ( b ) = 72, 2508 gram
Berat kertas saring pertama penimbangan ( a ) = 0,3017 gram
Berat Gelas kimia penimbangan kedua ( b’ ) = 72, 8345 gram
Berat kertas saring penimbangan kedua ( a’ ) = 0,3045 gram

Pembahasan
Dalam pemeriksaan TSS dan TDS ini, pengovenan bertujuan untuk menghilangkan kelembaban. Kertas saring dibilas dengan aquadest untuk mengurangi filtrat yang tertinggal pada kertas saring. Dalam penimbangan, harus ditunggu samapi beratnya konstan atau tidaak berubah – ubah. Pengambilan kertas saring atau gelas kimia dari oven tidak boleh dengan tangan langsung , karena dapat mempengaruhi beratnya. Sebaiknya menggunakan tissue atau pinset untuk mengambil kertas saring atau gelas kimia tersebut. Dalam percobaan ini kami mengganti alat gelas kimia dengan Erlenmeyer kecil. Pada pengovena Erlenmeyer yang kedua yaitu kurang lebih kami lakukan selama 2 jam. Air sampel yang dipergunakan berasal dari air selokan.Selanjutnya, hasil penimbangan kertas saring dan gelas kimia yang pertama dan kedua / terakhir digunakan dalam penghitungan kadar TSS dan TDS.
Kesimpulan
• Dari pemeriksaan TDS diperoleh kadarnya sebanyak 5837 melebihi dari kadar maximumnya yaitu 1000 sesuai Kepmenkes RI nomor 907/MENKES/SK/VII/2002.
• Pemeriksaan TSS diperoleh kadarnya sebanyak 28 .

1 komentar: